Friday, October 16, 2015

CONTOH SURAT PESANAN BERBAHASA INGGRIS

No comments :


Pada postingan lalu kita sudah membahas tentang membuat surat reservasi dalam bahasa Inggris. Penulis berharap tulisan tersebut bisa membantu Sahabat jika ingin membuat surat reservasi yang kebetulan diminta oleh atasan Sahabat Populer. Jika Sahabat Populer kebetulan belum membacanya silakan klik di sini
Kali ini penulis akan mengajak Sahabat untuk menulis surat pesanan dalam bahasa Inggris.
Ada beberapa perbedaan yang biasanya terlihat jelas Antara surat berbahasa Inggris yang ditulis oleh orang amerika dengan Surat berbahasa Inggris yang ditulis oleh orang indonesia. Perbedaan itu misalnya dalam hal Bentuk Surat, bagian-bagian surat, dan Bahasa.

Sepanjang yang saya tahu, surat berbahasa Inggris biasanya pada lembaran suratnya tidak menggunakan nomor surat. Karena, nomor suratnya sudah tertera pada amplop surat. Berbeda dari surat Indonesia yang selalu menerakan nomor, lampiran, dan hal surat pada bagian kiri atas. Surat berbahasa Inggris biasanya hanya menerakan Ref, singkatan dari referensi. 
Contoh penulisan Ref misalnya Ref : RP/Mj  (Referensi : RP); RP adalah Inisial atasan saya/orang yang menandatangi surat/pimpinan/bos saya; dan Mj adalah inisial orang yang menulis surat/sekretaris/juru tulis.
Namun, banyak juga guru-guru disekolah yang mengajarkan kepada siswa-siswa mereka tentang cara membuat surat berbahasa Inggris dengan model surat Indonesia. Artinya, mereka tetap menuliskan nomor surat (No. – Ingat, penulisannya tetap No. ya, bukan num apalagi numb. Numb artinya lumpuh, mati rasa, kaku), Lampiran (attachment), dan hal/perihal (subject).
Saya tak ingin berpihak pada salah satu diantara kedua hal itu. Bahkan, saya lebih suka untuk membuat contoh untuk kedua belah pihak itu.
Baiklah, untuk yang pertama saya akan menuliskan surat bahasa Inggris dengan hanya menggunakan Ref pada bagian atasnya. Surat ini saya tulis dalam bentuk Full block Style (Bentuk surat lurus penuh). 



Contoh surat pesanan 1; hanya menggunakan Ref.

Ref: HA/MJ                                                                                       February 17th, 2015


BACAAN POPULER
Jl. Thamrin No. 97 Pekanbaru
28132

Subject : Confirmation Order

Dear Bacaan Populer,
Herewith this letter we would like to inform you that we are really need some items to support our job in our office. The items are like as:

NO
ITEMS
QUA
@
AMOUNT
1.
Laptop “Sumsang” 12”
2 Units
Rp 3.800.000
Rp 7.600.000
2.
Printer “Conan” iP2400
1 Unit
Rp. 750.000
Rp. 1.500.000
Total
Rp 9.100.000

We wish they should be sent 2 weeks by the date of this letter, through “Tieki” delivery service. The payment we will pay 7 days after the items arrived to our office.
That’s all about our letter, thank you for your attention.

                                                                                           Sincerely yours,



                                                                                         Muhammad Junaidi


Contoh surat pesanan 2 dengan model penulisan surat Indonesia. (tetap menggunakan No., Lamp., hal.)




No         : 123/BP-Ps/10/15                                                  Pekanbaru, 17 February, 2015
Attach   : 1
Subject  : Office Equipment Order
                                                                            
BACAAN POPULER
Jl. Thamrin No. 97 Pekanbaru
28132

Dear Bacaan Populer,
Herewith this letter we would like to inform you that we are really need some items to support our job in our office. The items are like as:

NO
ITEMS
QUA
@
AMOUNT
1.
Laptop “Sumsang” 12”
2 Units
Rp 3.800.000
Rp   7.600.000
2.
Printer “Conan” iP2400
1 Unit
Rp.   750.000
Rp.  1.500.000
Total
Rp 9.100.000

We wish they should be sent 2 weeks by the date of this letter, through “Tieki” delivery service. The payment we will pay 7 days after the items arrived to our office.
That’s all about our letter, thank you for your attention.

                                                                                           Sincerely yours,



                                                                                         Muhammad Junaidi


Demikianlah postingan saya kali ini. Mudah-mudah bisa sedikit membantu dan memberikan panduan untuk Sahabat Populer yang membutuhkan informasi tentang penulisan surat pesanan berbahasa Inggris. 
Ingat, jangan sampai gagal memesan barang yang sangat kita butuhkan dikantor hanya karena tak mampu membuat hal-hal sepele seperti ini! Good luck, Have a nice day! See yeaa...

No comments :

Post a Comment

Pengunjung yang baik tidak akan meletakkan link hidup di kolom komentar!
Please dont put your link in comment box.

reno test